Pattern

Membuat Dompet HP

Posting lagi di blog baru, saya ambil dari blog lama saya ya. Saya tulis setahun yang lalu.

Kali ini mood saya mengajak untuk ‘memamerkan’ prakarya saya dalam merajut. Rajutan sederhana dan sangat amatir. Tak apalah, siapa tahu ada yang sedang belajar merajut seperti saya.

Ini tempat hp rajut. Tekniknya sangat sederhana, sangat mudah untuk pemula. Jenis tusuk (stitch) yang digunakan hanya rantai, single crochetX stitch dan slip stitch. Saya membuat ini sudah setahun lalu. Pertama kali membuatnya sebenarnya sudah sekitar 10 tahun yang lalu. Tapi bagian ujung atasnya saya kasih pita untuk menutupnya. Polanya saya sendiri yang membuat, bukan nyontek dari mana pun, meskipun saya yakin, banyak orang di luar sana yang menggunakan pola yang sama.

Polanya bisa dilihat di bawah ini. Mohon maaf, yang membuat pola masih amatir, jadi tidak bisa menggambar dengan baik.

Pola:
1: ch 17, sc di ch kedua, sc di masing-masing ch hingga akhir (total 16 sc). sc di ch yang sama. putar. sc di ch yang sama. sc di masing-masing ch. sc di ch yang sama. total sc 34. sl di sc pertama.
2: ch. sc di seluruh sc. sl di sc pertama. kerjanya memutar ya. mulai terbentuk kantung dasarnya.
3-6: ulangi langkah 2.
7: 3 ch. dc di sc belakang ch. jadi, dc nya ditaruh di belakang sc, agar terbentuk silang. skip 1 sc, dc, dc lagi di sc yang di skip tadi. dan seterusnya sampai akhir. sl di ch ketiga.
8-row n: ulangi langkah 7 sampai beberapa baris, tergantung ukuran yang dimau.
Finishing: ch. sc di seluruh stitch. sl di sc pertama. Buat beberapa baris, terserah.

Dompet hp ini saya buat dengan dengan benang Nako Bonbon Lüks, 100% akrilik. Hakpen yang digunakan merek Tulip no 3. Hasil jadi kira-kira ukuran 7×16 cm. Ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran hp masing-masing. Demikian juga dengan warnanya. Bisa juga dibuat variasi warna sesuai selera. Misal: bagian dasar dan atas (yang menggunakan tusuk single crochet) bisa dipilih warna yang kontras dengan bagian badan utama (X-stitch). Kreativitas sepenuhnya ada ditangan Anda.

Yuk, merajut!

Leave a Reply

