Pattern Review

Splendid Doily

Pertama kali liat doily ini di instagram orang Rusia. Kesan pertama: cantik, elegan, tak biasa. Saya penasaran dengan polanya. Ternyata polanya berbayar. Ya sudahlah, lupakan. 

Eh tapi suatu hari, saat saya sudah move on dari doily itu, saya lihat ada seseorang yang upload pola doily ini. Tanpa pikir panjang, saya langsung simpan disertai niat baik “suatu saat harus dibikin”. Selama itu pula saya cukup rajin mencari tahu tentang desainernya, Patricia Kristoffersen. Banyak karya doily dia yang cantik-cantik dan udah diterbitkan jadi buku. 

Ok, kembali lagi ke splendid doily. Saat saya pada akhirnya mencoba pola ini, di tengah jalan saya menemukan adanya perbedaan dengan doily yang pernah saya lihat dulu. Perbedaannya terletak pada garis-garis di bagian tengahnya. Pada doily yang dulu, garis-garis tersebut miring, sementara di pola yang saya contek, garis-garisnya tegak. Berbekal itu, saya mencoba menelusuri asal-muasal pola. Saya menemukan sebuah pola lagi yang mirip, tapi hasil coretan tangan. Saya membandingkan pola coretan tangan tersebut dengan pola yang saya miliki. Hasilnya, pola coretan tangan lebih mirip dengan doily yang saya lihat dulu.

Pada akhirnya saya menemukan bahwa pola splendid doily masih tetap berbayar. Awalnya saya kira ada yang membajak dengan memfoto atau memindai pola aslinya. Ternyata, dua versi pola diagram yang beredar (versi coretan tangan dan versi komputer) hanya visualisasi dari pola aslinya yang saya duga tertulis. Iya, saya duga aja, karena saya juga belum melihat pola aslinya.

Kesimpulannya, pilih pola yang berupa coretan tangan saja, lebih mirip aslinya. Tapi yang satunya lagi juga tetap cantik, kok. Ya suka-suka sajalah, mau yang mana. Terus mana polanya? Silakan cari sendiri ya hehe. Atau beli aha langsung ke desainernya, si mbak Patricia Kristoffersen. 

Saya bikin doily ini menggunakan benang Gazzal Baby Cotton, sebanyak 1,5 gulung. Berat per gulungnya cuma 50 gr, panjang 225 m. Lumayan irit ya. Hakpennya ukuran 2 mm. Diameter setelah diblocking 38 cm. 

Ok. Selamat merajut!

Advertisements

3 thoughts on “Splendid Doily”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s